BERITA

 

Dialog Nasional
Revitalisasi Nilai-Nilai Budaya Bangsa Dalam Rangka Keutuhan Negara kesatuan Repubkik Indonesia. ” LIBU MBASO NUSANTARA “
Di Palu Tanggal 25 sd 28 September 2017.

Kegiatan Tersebut diatas bersamaa dengan kegiatan Pekan Budaya Indonesia (PBI) III kegiatan ini semua dirangkai dalam Pesona Palu Nomoni (PPN)

Sekretaris Agung MARS Indonesia Hari Ichlas Majo Lelo Sati bersama Kasubdit Ketahanan Seni dan Budaya Kemendagri Elly Yuniarti. Mengatakan Event Nasional tersebut difasilitasi oleh Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (MARS Indonesia).

Ini adalah Palu Kegemparan Untuk Indonesia. Dalam acara tersebut mampu mengumoulkan Raja, Sultan, Datu, Penglingsir dan Pemangku Adat se Indonesia dimana Panjtia Bersama diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kota Palu dan Kementerian Dalam Negeri juga MARS Indonesia.

Kehadiran MARS Indonesia berdasarkan Radiogram dari Kemendagri Kepada Gubernur, Bupati dan Walikota Se Indonesia. Sehingga Daerah yang memiliki anggota MARS Indonesia wajib mengirimkan utusannya dalam Dialog Nasional ” LIBU MBASO NUSANTARA ”

Ini merupakan suatu kehormatan terhadap Raja, Sultan, Datu, Penglingsir dan Pemangku Adat dan sebagai upaya membangun nilai kearifan lokal kemudian dirumuskan ke tingkat Nasional. Adapun keterlibatan semua Kementerian adalah Bentuk Keseriusan membanyin nilai tersebut. Katanya.
Sementara Kepala Sub Bidang Ketahanan seni dan Budaya Kemendagri Ibu Elly Yuniarti, Menuturkan MARS Indonesia merupakan Gabungan organisasi Raja, Sultan, Datu, Penglingsir dan Pemangku Adat se Indonesia yang menjalin hubungan Kemitraan dengan Pemerintah.
Kita berharap sebuah peradaban terwujud di abad ini bersama Raja, Sultan, Datu, Penglingsir dan Pemangku Adat dan Pemerintah daerah kita akan kembalikan nilai-nilai luhur itu.

MARS Indonesia lahir karena kebutuhan untuk menyejukkan Negeri ini. Negeri ini tidak akan merdeka jika Raja Sultan tidak memberi dukungan kepada Soekarno ketika itu. Ungkapnya.

Dia menambahkan kehadiran MARS Indonesia dalam Dialog Nasional itu adalah bentuk kecintaan terhadap keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam hal lain Ketua Komisi -2 Aspek Hukum Dialog Nasional DR. Sultan A.M.H.Andrian S, ST.,MBA (Sultan Paser/ Team Sekretariat Agung MARS Indonesia) Momen ini sangat tepat untuk mengembalikan nilai nilai luhur peradaban bangsa indonesia dalam bingkai bhineka yinggal ika agar dibangkitlan kembali peranannya ditengah -tengah masyarakat Indonesia saat ini.

adapun yang hadir dalam acara Dialog Nasional ” Revitalisasi Nilai-Nilai Budaya Bangsa Dalam Rangka Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ” di Palu Pada Tanggal 25 sd 28 September 2017. Sebagai berikut :
1. Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki L. Djanggola, MSi,
2. Dirjend Kebudayaan Hilmar Farid, Phd
3. Walikota Palu Drs. Hidayat, MSi
4. IKA Lemhanas Jendral (P) Agum Gumelar
5. Direktur Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya Kemendagri Drs. Lutfi TMA, MSi.
6. Prof. Meutia Hatta
7. Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah , S.Sos, MH
8. UKP PIP Dr. Silverius S Sulendrakusuma, SH.,SE.,MT., Akt

Liputan (samhas. matamatanews-palu)harian umum MAL Palu.

 

 

Jumat tanggal 7-8 september 2017.

Di Kota Makassar telah berlangsung kegiatan pelantikan Dekan Fakultas Ekonomi, Dekan Fakultas Perikanan, Staff Struktural juga Kepala Pusat Studi Pertambangan di Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM)
Yang dilantik langsung oleh Rektor Prof Dr H.Muhammad Asdar, SE.,MSi yg dihadiri Civitas akademika UCM. Agenda acara antara lain : 1. Pelantikan Dekan dan Staff Pengurus UCM. 2. Deklarasi Gerakan Nasional Akhlak Mulia disingkat GENAM ( G6) . 3. Penyerahan Buku yang berjudul ” Perencanaan dan Investasi Sektor Pertambangan ” yg disusun oleh DR.M.H.Andrian, ST.,MBA yang juga dilantik sebagai Dosen UCM sekaligus sebagai Kepala Pusat Studi Pertambangan UCM.

Selamat dan Suksea kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Cokroaminoto Makassar dan Sukses Kampus dan Pendidikan Indonesia.

Salam Ketum HMPI